Manajemen Tata Hidangan (A.Md.Par) (MTH)

PROFIL

Program Studi Manajemen Tata Hidangan (MTH) memiliki tujuan menghasilkan manajer tingkat menengah yang profesional pada bidang restoran dan bar. Lama program 3 tahun (6 semester). Lulusan Tata Hidang memiliki peluang kerja pada : hotel, independen restoran dan bar, kapal pesiar, pramugara / pramugari.

VISI

Menjadi program studi unggulan yang menghasilkan tenaga profesional dan kompetitif di bidang tata hidangan yang berdaya saing global pada tahun 2015

MISI

  • Menyelenggarakan program pendidikan di bidang tata hidangan yang berbasis kompetensi.
  • Menguatkan kapasitas lembaga sebagai pusat pengembangan pendidikan di bidang tata hidangan melalui kegiatan penelitian.
  • Meningkatkan peran serta Program Studi Tata Hidang dalam kegiatan pengabdian masyarakat.
  • Meningkatkan kerjasama dengan stakeholders (praktisi dan asosiasi) bidang tata hidangan.

TUJUAN

  • Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap profesional, unggul, berwawasan luas dan mampu memanfaatkan perkembangan iptek di bidang tata hidangan.
  • Menghasilkan penelitian yang mendukung pengembangan pendidikan di Program Studi Manajemen Tata Hidangan
  • Menghasilkan kegiatan di bidang tata hidangan yang melibatkan pemberdayaan masyarakat.
  • Menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan para stakeholders (praktisi dan asosiasi) bidang tata hidangan.

PROFIL LULUSAN

  • Penyelia Tata Hidang
  • Asisten manajer pada usaha jasa F&B
  • Wirausaha
  • Asisten pada laboratorium praktik
  • Aparatur Sipil Negara

KOMPETENSI LULUSAN

Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan memiliki kompetensi :

  • Mengembangkan kepribadian yang luhur serta jiwa nasionalisme;
  • Menerapkan nilai, sikap, dan etika profesi;
  • Menerapkan kemampuan teknis operasional di bagian penyajian makanan dan minuman;
  • Merencanakan sistem pelayanan, menata dan menghidangkan makanan dan minuman dalam berbagai bentuk pelayanan;
  • Menerapkan prinsip-prinsip organisasi dan manajemen di bagian penyajian makanan dan minuman;
  • Mengelola kegiatan perhelatan;
  • Menganalisa pengendalian biaya langsung dan biaya operasional di bagian penyajian makanan dan minuman;
  • Menggunakan teknologi informasi di bagian penyajian makanan dan minuman;
  • Merancang dan melaksanakan strategi pemasaran produk di bagian penyajian makanan dan minuman;
  • Mengelola sumber daya manusia di bagian penyajian makanan dan minuman;
  • Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris; dan
  • Berkomunikasi dalam bahasa asing lainnya.