D3 - Tata Hidang (TAH)
PROFIL
Program Studi Manajemen Tata Hidangan (MTH) memiliki tujuan menghasilkan manajer tingkat menengah yang profesional pada bidang restoran dan bar. Lama program 3 tahun (6 semester). Lulusan Tata Hidang memiliki peluang kerja pada : hotel, independen restoran dan bar, kapal pesiar, pramugara / pramugari.
VISI
Menjadi program studi unggulan yang menghasilkan tenaga profesional dan kompetitif di bidang tata hidangan yang berdaya saing global pada tahun 2015
MISI
- Menyelenggarakan program pendidikan di bidang tata hidangan yang berbasis kompetensi.
- Menguatkan kapasitas lembaga sebagai pusat pengembangan pendidikan di bidang tata hidangan melalui kegiatan penelitian.
- Meningkatkan peran serta Program Studi Tata Hidang dalam kegiatan pengabdian masyarakat.
- Meningkatkan kerjasama dengan stakeholders (praktisi dan asosiasi) bidang tata hidangan.
TUJUAN
- Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap profesional, unggul, berwawasan luas dan mampu memanfaatkan perkembangan iptek di bidang tata hidangan.
- Menghasilkan penelitian yang mendukung pengembangan pendidikan di Program Studi Manajemen Tata Hidangan
- Menghasilkan kegiatan di bidang tata hidangan yang melibatkan pemberdayaan masyarakat.
- Menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan para stakeholders (praktisi dan asosiasi) bidang tata hidangan.
PROFIL LULUSAN
- Penyelia Tata Hidang
- Asisten manajer pada usaha jasa F&B
- Wirausaha
- Asisten pada laboratorium praktik
- Aparatur Sipil Negara
KOMPETENSI LULUSAN
Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan memiliki kompetensi :
- Mengembangkan kepribadian yang luhur serta jiwa nasionalisme;
- Menerapkan nilai, sikap, dan etika profesi;
- Menerapkan kemampuan teknis operasional di bagian penyajian makanan dan minuman;
- Merencanakan sistem pelayanan, menata dan menghidangkan makanan dan minuman dalam berbagai bentuk pelayanan;
- Menerapkan prinsip-prinsip organisasi dan manajemen di bagian penyajian makanan dan minuman;
- Mengelola kegiatan perhelatan;
- Menganalisa pengendalian biaya langsung dan biaya operasional di bagian penyajian makanan dan minuman;
- Menggunakan teknologi informasi di bagian penyajian makanan dan minuman;
- Merancang dan melaksanakan strategi pemasaran produk di bagian penyajian makanan dan minuman;
- Mengelola sumber daya manusia di bagian penyajian makanan dan minuman;
- Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris; dan
- Berkomunikasi dalam bahasa asing lainnya.