Manajemen Akuntansi Hospitaliti (S.Tr) (MAH)

PROFIL

Program Studi Diploma 4 Manajemen Akuntansi Hospitaliti bertujuan untuk menghasilkan pimpinan puncak yang profesional pada departemen akuntansi. Lama program adalah 4 tahun (8 semester). Lulusan Program Studi Manajemen Akuntansi Hospitaliti memiliki peluang kerja di : hotel, travel, sport and recreation complex.

VISI

Menjadi program studi berstandar internasional, unggul, berdaya saing tinggi, dan mampu berperan aktif dalam pembangunan kepariwisataan melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat pada bidang akuntansi hospitaliti.

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan vokasi melalui proses pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan mahasiswa dan kebutuhan industri hospitaliti.
  • Menyelenggarakan penelitian pada bidang akuntansi hospitaliti yang sesuai dengan kebutuhan Program Studi Manajemen Akuntansi Hospitaliti dan industri hospitaliti.
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat pada bidang akuntansi hospitaliti untuk memberdayakan masyarakat.

TUJUAN

  • Menghasilkan lulusan yang berstandar internasional, unggul, berdaya saing tinggi, memiliki sikap dan etika profesi berkepribadian yang luhur serta jiwa nasionalisme dalam bidang manajemen dan akuntansi hospitaliti.
  • Menghasilkan penelitian dalam bidang akuntansi hospitaliti yang bermanfaat dalam pengembangan pendidikan Program Studi Manajemen Akuntansi Hospitaliti dan sebagai referensi industri hospitaliti.
  • Meningkatkan peran Program Studi Manajemen Akuntansi Hospitaliti dalam pengembangan kompetensi dan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat.

PROFIL LULUSAN

  • Kasir Kantor Depan
  • General Cashier
  • Cost Control Manager
  • Income Audit
  • Book Keeper
  • Credit Manager
  • Junior Accountant
  • Konsultan Pajak
  • Aparatur Sipil Negara

KOMPETENSI LULUSAN

Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan memiliki kompetensi :

  • Mengembangkan kepribadian yang luhur serta jiwa nasionalisme;
  • Menerapkan nilai, sikap, dan etika profesi;
  • Menerapkan prinsip-prinsip manajemen;
  • Menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan administrasi keuangan;
  • Mengawasi pencatatan pendapatan Hotel, Restoran, dan Biro Perjalanan;
  • Mengawasi pencatatan biaya Hotel, Restoran, dan Biro Perjalanan;
  • Menyusun laporan keuangan hospitaliti;
  • Mengelola sumber penggunaan dana hospitaliti;
  • Mengendalikan biaya makanan, minuman, dan material supplies;
  • Menyusun anggaran pendapatan dan biaya;
  • Menerapkan sistem informasi akuntansi hotel;
  • Mengelola sumber daya manusia di bagian akuntansi;
  • Menganalisis laporan keuangan hospitaliti;
  • Mengendalikan biaya operasional hospitaliti;
  • Berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja di bidang Administrasi Akuntansi;
  • Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris; dan
  • Berkomunikasi dalam bahasa asing lainnya.