Administrasi Perhotelan (S.Tr) (ADH)

PROFIL

Program Studi Administrasi Perhotelan (ADH) memiliki tujuan menghasilkan pimpinan puncak dan pengusaha hotel yang profesional. Lama program adalah 4 tahun (8 semester). Lulusan Program Studi Pengelolaan Perhotelan memiliki peluang kerja di : hotel, villa, apartemen, condominium, kapal pesiar.

VISI

Menjadi program studi berstandar internasional, berdaya saing tinggi, dan mampu berperan aktif untuk pembangunan kepariwisataan nasional melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat pada bidang Pengelolaan Perhotelan.

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan vokasi melalui proses pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan belajar mahasiswa yang kreatif, dinamis, dan partisipatif.
  • Menyelenggarakan penelitian pada bidang administrasi perhotelan yang sesuai dengan kebutuhan Program Studi Pengelolaan Perhotelan dan industri hospitaliti.
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat pada bidang hospitaliti sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat.

TUJUAN

  • Menghasilkan lulusan berdaya saing tinggi yang memiliki nilai sikap dan etika profesi dengan kepribadian yang luhur serta jiwa nasionalisme dalam pengelolaan operasional, keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia usaha hospitaliti yang berkelanjutan.
  • Menghasilkan penelitian yang bermanfaat dalam pengembangan pendidikan Program Studi Pengelolaan Perhotelan, sebagai rujukan industri dan pemberdayaan masyarakat.
  • Meningkatkan peran serta Program Studi Pengelolaan Perhotelan dalam mensejahterakan masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat.

PROFIL LULUSAN

  • Penyelia Pengembangan SDM
  • Penyelia Akuntansi
  • Penyelia Pemasaran
  • Asisten Manajer Revenue
  • Akademisi / Instruktur Lab
  • Aparatur Sipil Negara

KOMPETENSI LULUSAN

Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan memiliki kompetensi :

  • Mengembangkan kepribadian yang luhur serta jiwa nasionalisme;
  • Menerapkan nilai, sikap, dan etika profesi;
  • Menerapkan prinsip-prinsip kepedulian akan lingkungan;
  • Menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan;
  • Menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan hotel;
  • Membuat dan menjalankan rencana pemasaran hotel;
  • Mengelola fasilitas dan sarana hotel;
  • Menganalisis rencana kebutuhan operasional hotel;
  • Mengelola sumber dan penggunaan dana hotel;
  • Mengendalikan biaya operasional hotel;
  • Menggunakan sistem informasi hotel;
  • Mengelola sumber daya manusia;
  • Memonitor operasional bidang Tata Graha, Kantor Depan, Tata Boga dan Tata Hidangan;
  • Berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja di bidang Perhotelan;
  • Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris; dan
  • Berkomunikasi dalam bahasa asing lainnya;