Avatar

Program Studi Pengelolaan Perhotelan

SARJANA TERAPAN (DIPLOMA 4)

Profil Program Studi Pengelolaan Perhotelan

Program Studi Diploma 4 Pengelolaan Perhotelan (PPH) memiliki tujuan menghasilkan pimpinan puncak dan pengusaha hotel yang profesional. Lama program adalah 4 tahun (8 semester). Lulusan Program Studi Pengelolaan Perhotelan memiliki peluang kerja di : hotel, villa, apartemen, condominium, kapal pesiar.

Tujuan Program Studi Pengelolaan Perhotelan

  • Menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional dibidang pengelolaan perhotelan yang berstandar nasional dan atau internasional.
  • Menghasilkan karya ilmiah di bidang perhotelan yang dipublikasikan dan dimanfaatkan bagi masyarakat dan industri.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat.
  • Mewujudkan kerjasama dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan pelaksanaan Tridharma Program Studi.
  • Melaksanakan tata kelola dan layanan program studi yang baik.

Visi

Menjadi program studi vokasi unggul dan berstandar internasional di bidang pengelolaan perhotelan.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan vokasi melalui proses pembelajaran yang kreatif, inovatif, kolaboratif dan menjunjung tinggi integritas.
  • Menyelenggarakan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat dan dunia industri perhotelan.
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang perhotelan dalam rangka meningkatkan kompetensi/kesejahteraan masyarakat.
  • Menjalin kerjasama dengan para pemangku kepentingan di tingkat nasional dan internasional

Profil Lulusan

  • Executive Assistant Manager/Operation Manager/FO Manager/FB Manager/Executive HK/Executive Chef
  • Wirausahawan Pemula
SIKAP :
  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  • Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  • Menerapkan (Global Code of Ethic of Tourism) pada bidang hotel
KETRAMPILAN UMUM :
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang keahliannya, dengan mutu dan kuantitas yang dapat diukur dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan.
  • Menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang terukur.
  • Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan bidang keahliannya untuk menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni
  • Mampu menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni yang mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain serta persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pekerjaannya.
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya.
  • Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
PENGETAHUAN :
  • Menguasai konsep teoritis dalam melakukan tugas perlindungan anak yang relevan dengan industri pariwisata secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural
  • Menguasai konsep teoritis dalam mengikuti prosedur kebersihan di tempat kerja, menerapkan prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja, melakukan prosedur dasar pertolongan pertama, mampu membersihkan serta merapikan area kerja, dan konsep pariwisata berkelanjutan secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural
  • Menguasai konsep teoritis dalam mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan tentang industri pariwisata dan perhotelan termasuk pengetahuan lokal secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural
  • Menguasai konsep teoritis dalam berkomunikasi secara lisan dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural
  • Menguasai konsep teoritis dalam bekerja sama secara efektif dengan kolega dan pelanggan, bekerja dalam lingkungan sosial yang berbeda, menangani dan menyelesaikan keluhan pelanggan secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural
  • Menguasai konsep teoritis dalam bidang pelayanan makanan dan minuman secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural
  • Menguasai konsep teoritis dalam bidang kulinari dan patiseri secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural
  • Menguasai konsep teoritis dalam bidang tata graha secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural
  • Menguasai konsep teoritis dalam bidang kantor depan hotel secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural
  • Menguasai konsep teoritis dalam merencanakan, mengelola, dan melaksanakan kegiatan pertemuan (meeting) dan mampu berkoordinasi serta bernegosiasi dengan vendor secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural
  • Menguasai konsep teoritis terkait, digital, literasi data, teknologi, dan manusia, serta aplikasinya untuk berperan dalam kehidupan global sesuai tuntutan revolusi industri 4.0 secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural
  • Menguasai konsep teoritis dalam komunikasi lisan dan tulisan dalam bahasa Indonesia, minimal satu bahasa internasional, atau minimal satu bahasa asing lainnya secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural
  • Menguasai konsep teoritis dalam melakukan prosedur klerikal secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural
  • Menguasai konsep teoritis dalam kualitas layanan, memasarkan produk dan jasa kepada pelanggan, pengembangan dan pengelolaan SDM, pengelolaan keuangan dan rencana bisnis, pelaporan, pencatatan, pengendalian operasional dan menganalisa serta mengukur kinerja hotel secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural
  • Menguasai konsep teoritis dalam memberi pengarahan dasar membaca dan mengikuti diagram secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural
  • Menguasai konsep teoritis dalam membangun dan memelihara tempat kerja yang aman untuk orang dewasa dan anak-anak secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural
  • Menguasai konsep teoritis dalam menyampaikan presentasi lisan secara ringkas secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural
  • Menguasai konsep teoritis dalam kewirausahaan, perencanaan bisnis, dan manajemen strategis untuk mendukung pengembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural
KETRAMPILAN KHUSUS :
  • Mampu menyediakan layanan makanan dan minuman, mengambil pesanan dan menyiapkan meja, menyediakan penghubung antara dapur dan restoran serta membersihkan lokasi/area dan peralatan di restauran dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  • Mampu menggunakan alat dan teknologi dalam bisnis, mencari dan mendapatkan data dari komputer, merancang, menyiapkan, dan menyajikan berbagai jenis laporan, mengoperasikan sistem informasi automatis, serta merencanakan dan mengintegrasikan sistem dalam prosedur operasional hotel dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  • Mampu mengorganisir dan menyiapkan makanan menggunakan metode dasar memasak dengan prinsip aman higienis makanan, dan mampu menggunakan metode tersebut untuk mengidentifikasikan dan memasak daging, seafood, sayuran, telur dan olahan tepung yang diolah menjadi appetizer, kaldu atau sup serta disajikan dengan penampilan yang menarik dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  • Mampu mengoperasikan bar melalui aktivitas menyiapkan dan menghidangkan minuman non alkohol dan cocktail (alkohol) dengan menyediakan pelayanan yang bertanggung jawab terhadap minuman beralkohol dan menyediakan saran ahli tentang makanan dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  • Mampu menyiapkan dan membuat produk patiseri, kue dan roti dan makanan penutup baik yang disajikan panas maupun dingin dengan melaksanakan prosedur keselamatan makanan yang memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  • Mampu berkomunikasi percakapan dan mengembangkan hubungan baik dengan tamu menggunakan bahasa Inggris lisan dan mampu membaca teks informasi serta menulis melalui aktivitas berkorespondensi bisnis dalam bahasa Inggris tingkat lanjut, dan mampu menyampaikan presentasi lisan secara ringkas untuk bertukar ide-ide secara kompleks dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  • Mampu menyediakan jasa tata graha untuk tamu melalui aktivitas menyediakan kamar, membersihkan area umum, fasilitas, peralatan dan termasuk fasilitas kehilangan dan penemuan di dalamnya dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  • Mampu menangani linen dan pakaian tamu dan menyediakan jasa pengantaran dan penjemputan pakaian tamu dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  • Mampu menyediakan layanan akomodasi reception dan layanan mengantar barang bawaan tamu serta menyajikan informasi produk, dan memproses transaksi keuangan hingga proses audit malam dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  • Mampu menerima reservasi melalui telepon, email atau secara langsung dan memproses reservasi melalui sistem komputer dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  • Mampu merencanakan penjualan, promosi produk dan jasa kepada pelanggan serta mampu membangun dan melaksanakan hubungan kerja bisnis melalui kemampuan kerja kooperatif dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  • Mampu memelihara catatan/pembukuan keuangan, mempersiapkan laporan keuangan rutin, dan mempersiapkan laporan keuangan rutin yang terpelihara dan mengikuti standar sistem keuangan dan akuntansi yang aman dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  • Mampu memproses transaksi pembelian barang dan jasa, memonitor, mengendalikan dan mengadakan pemesanan bahan serta mempersiapkan dan memantau anggaran dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.