Avatar

Program Studi Manajemen Akuntansi Hospitaliti

SARJANA TERAPAN (DIPLOMA 4)

Profil Program Studi Manajemen Akuntansi Hospitaliti

Program Studi Diploma 4 Manajemen Akuntansi Hospitaliti bertujuan untuk menghasilkan pimpinan puncak yang profesional pada departemen akuntansi. Lama program adalah 4 tahun (8 semester). Lulusan Program Studi Manajemen Akuntansi Hospitaliti memiliki peluang kerja di : hotel, travel, sport and recreation complex.

Tujuan Program Studi Manajemen Akuntansi Hospitaliti

  • Menghasilkan lulusan yang kompeten, profesional dan berjiwa wirausaha di bidang akuntansi hospitaliti
  • Menghasilkan penelitian dan karya terapan di bidang akuntansi hospitaliti yang dimanfaatkan oleh masyarakat nasional dan internasional.
  • Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi bidang akuntansi hospitaliti untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
  • Menjalin kerjasama dengan para pemangku kepentingan untuk pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

Visi

Menjadi program studi pada bidang akuntansi hospitaliti berstandar internasional, unggul,berkepribadian Indonesia, dan mampu berperan aktif untuk pembangunan kepariwisataan Indonesia.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan vokasi melalui proses pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan masy arakat, khususnya kebutuhan industri hospitaliti.
  • Menyelenggarakan penelitian dalam bidang akuntansi hospitaliti yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan program studi dan industri hospitaliti.
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada bidang akuntansi hospitaliti untuk meningkatkan pemberdayaal masyarakat dan melakukan kerjasamadengan pemangku kepentingan pada bidang kepariwisataan.

Profil Lulusan

  • Director of Finance/Accounting Manager /Financial Controller
  • Assisten Accounting Manger
  • General Cashier,Purchasing Manager,Credit Manager, Cost Controler
  • Account payble, Income Auditor
  • Wirausaha Pemula
  • Front Office Cashier/Cashier outlet/night Auditor, Purchasing staff, Receiving staff, Store Keeper

Kompetensi Lulusan

  • Lulusan memiliki kemampuan mengendalikan kegiatan operasional keuangan hotel dari pemasukan dan pengeluaran hotel sampai menghasilkan laporan keuangan
  • Lulusan memiliki kemampuan membuat Laporan Keuangan (Neraca/R/L).
  • Lulusan memiliki kemampuan dalam penerimaan dan pengeluaran uang, menjaga ketersediaan barang/bahan, penagihan piutang hotel, mengendalikan biaya-biaya yang timbul dari operasional hotel.
  • Lulusan memiliki kemampuan dalam mencatat hutang hotel dan merekap pendapatan hotel
  • Lulusan memiliki kemampuan dalam mengelola usahanya.
  • Lulusan memiliki kemampuan menerima pembayaran tamu, pembelian barang, penerimaan barang, dan penyimpanan barang di gudang.