- Menghasilkan lulusan yang kompeten, profesional dan berjiwa wirausaha di bidang Manajemen Divisi Kamar (Tata Graha dan Kantor Depan) yang berstandar internasional; unggul, berbudaya dan berkepribadian Indonesia.
- Menghasilkan penelitian terapan di bidang Manajemen Divisi Kamar (Tata Graha dan Kantor Depan) yang dipublikasikan dan dimanfaatkan oleh masyarakat dan industri.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi ilmu pengetahuan terapan dan teknologi di bidang Manajemen Divisi Kamar (Tata Graha dan Kantor Depan) untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.
- Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan ilmu pengetahuan terapan dan teknologi, mandiri dan membangun karakter di bidang kewirausahaan.
- Mewujudkan kerjasama dengan paru pemangku kepentingan untuk meningkatkan pelaksanaan Tridharma Program Studi.
Program Studi Divisi Kamar
AHLI MADYA (DIPLOMA 3)Profil Program Studi Divisi Kamar
Program Studi Diploma 3 Divisi Kamar (DIK) merupakan salah satu program studi vokasional yang memiliki tujuan menghasilkan lulusan untuk menjadi manajer tingkat menengah yang profesional di bidang Divisi Kamar. Lama pendidikan pada Program Studi Diploma 3 Manajemen Divisi Kamar adalah 3 tahun yang terdiri dari 6 semester. Lulusan dari Program Studi Diploma 3 Divisi Kamar memiliki peluang berkarir di berbagai bidang khususnya hotel, villa dan kapal pesiar.
Visi
Menjadikan program studi dengan lulusan yang professional, kompeten, unggul, berbudaya, berkepribadian Indonesia berstandar internasional dan berjiwa wirausaha di bidang Manajemen Divisi Kamar (Tata Graha dan Kantor Depan).
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan vokasi melalui proses pembelajaran yang kreatif, inovatif, kolaboratif dan menjunjung tinggi integritas.
- Menyelenggarakan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat dan dunia industri perhotelan Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang Manajemen Divisi Kamar (Tata Graha dan Kantor Depan) dalam rangka meningkatkan kompetensi/ kesejahteraan masyarakat.
- Menjalin kerjasama dengan para pemangku kepentingan di tingkat nasional dan internasional.
- Assistant Front Office
- Manager Assistant
- Executive Housekeeper
- Laundry Manager
- Wirausahawan Pemula
Kompetensi Lulusan
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi nilai-nilai hospitalitas, integritas, responsif, terpercaya, profesional (Global Code of Ethic of Tourism) dan berkepribadian dalam menjalankan tugasnya.
- Menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang terukur;
- Memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks sesuai dengan bidang keahlian terapannya, berdasarkan pemikiran logis dan inovatif, secara mandiri baik dalam pelaksanaan maupun tanggungjawab pekerjaannya.
- Melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dalam konteks penyelesaian pekerjaan tertentu yang ditugaskan;
- Mampu menerapkan teknik penyediaan layanan kantor depan dan tata graha dengan menggunakan metode, alat, bahan serta pemilihan SDM yang tepat.
- Mampu menggunakan sistem informasi hotel, teknologi dan peralatan yang tepat pada bidang kantor depan dan tata graha
- Mampu menerapkan operasional butler
- Mampu merangkai bunga dengan gaya tradisional dan modern
- Mampu melakukan komunikasi efektif dengan pelanggan
- Mampu melakukan pemasaran produk bidang kantor depan dan tata graha
- Mampu menerapkan prinsip prinsip higienis, sanitasi dan keselamatan kerja
- Mampu memberikan pelayanan sesuai dengan karakteristik budaya pelanggan
- Mampu melakukan pengawasan bidang kantor depan dengan mengikuti prosedur yang berlaku
- Mampu menerapkan kualitas pelayanan di bidang kantor depan dan tata graha